Kejadiannya sudah cukup lama beberapa bulan yang lalu. Ketika saya pulang ke rumah umi dan adik saya tampak sedang mengobrol serius, saya tanya "kenapa?" Katanya "kena tilang tadi waktu nganterin adik perempuan saya ke SD, tadi lupa umi ga pake helm" kata umi. Adik laki-laki saya menambahkan " masa setengah tujuh udah ada tilang tadi aku tanya ke polisinya ini resmi ga operasinya? Pa polisinya langsung ngasih surat tilang".
   Akhirnya beberapa hari kemudian saya dan adik laki-laki saya yang pergi ke kantor polisi daerah saya. Kami sampai ke kantor polisi dan pergi ke bagian pengurusan tilang, setelah itu kami pergi ke bank terdekat untuk membayar denda tilang. Kami mengantri berjam-jam, tapi ketika tiba bagian adik saya yang memberikan tagihan surat tilang itu, kata si mba tellernya "ko tagihannya 500rb biasanya paling mahal juga 250rb emang ngelanggar apa de?" kata ade saya " cuman ga pake helm mba!" kata si mba teller " yaudah mending kembali lagi aja ke kantor polisinya tanyain takutnya ada kesalahan".
   Saya bingung juga jadinya ko bisa kaya gini? Aduh saya males sebenernya bulak-balik, apalagi waktu itu hujan makin deras waktu balik lagi ke kantor polisi. Pas saya dan adik saya datang lagi ke sana saya ditanya sama yang jaga didepepan pos polisi " kenapa balik lagi de" saya jawab " ini disuruh mba teller nya tanyain lagi tagiyannya ko 500rb padahal ngelanggarnya ga pake helm aja pa". Pa polisinya nanya lagi emang itu punya uang berapa?" saya jawab " saya bawa uang pas pasan pa saya searching di internet biaya denda 250rb tapi nanti setelah sidang dikembaliin lagi uang sisanya kalau pelanggarannya ringan". Saya pikir seperti itu dan saya juga tanya ke temen-temen saya yang pernah kena tilang juga seperti itu katanya. "Mana coba sini uangnya" kata pa polisinya. Saya kasih uang 250rb saya pikir pak polisi mau membenarkan langsung uang dendanya ke bagian tilang.
telah beberapa saat pak polisi itu balik lagi ke saya dan bawa stnk sama q ngembaliin uang 50rb. Saya bingung ko begini? Saya kan mau ngurusin sidang? Buat apa saya jauh-jauh ujung-ujungnya nyuap? Udah saya dan ade saya jauh-jauh datang ke kantor polisi dan hkedinginanan, basah-basahan, sudah pasti kedinginan juga. Tapi akhirnya nyuap juga, tapi dihati saya saya kan niatnya ga gitu ya pa polisi klo emang niat gitu udah aja pas kena tilang ade saya bayar nego sama bapak ditempat kena tilangnya.
    Saya kecewa tapi juga ga bisa berbuat apa-apa, saya pikir mungkin orang lain juga seperti ini kalau kena tilang? Pengalaman ini yang membuat saya semakin tidak suka dengan bapak polisi. Saya tau tidak semua polisi seperti itu, ada juga polisi yang baik dan tidak suka makan uang suap.