Setelah lulus Madrasah Aliyah waktu itu aku sangat ingin sekali kuliah. Sampai ketika guru BK disekolah menyarankan untuk ikut SBMPTN, kami yang ranking sepuluh besar waktu itu diberi bimbingan untuk ikut seleksi SBMPTN tersebut. Pihak sekolah dengan berbaik hati mendaftarkan dan merekomendasikan kami.  Meskipun ada beberapa hal yang memang harus kami urusi sendiri, seperti melengkapi data SBMPT,BIDIK MISI, dll sampai pada kami harus mengikuti ujian yang telah ditentukan langsung dari pusat.
   Singkat cerita pergi lah aku ke SMAN apa ya lupalagi, pokonya di cihampelas, sekolah yang ditetapkan dalam kartu SBMPT yah butuh perjuangan sekali sampai kesana, karena tidak ada yang nganterin alias ade laki-lakiku sedang sekolah dan bapak lagi kerja, untung aja ada ayah temanku sekaligus tetangga yang mau nganterin. Disana deg degan sekali apalagi pas datang pas bel bunyi juga pertanda ujian akan dimulai. Gerah bercampur grogi akhirnya aku masuk kelas juga sesuai dengan petunjuk kelas dikartu SBMPTN. Ternyata sudah banyak yang datang tapi ketika aku sudah dudukpun ada juga yang baru datang. Datanglah pengawasnya dan ketika mengecek kartu SBMPTN ku si bapak nanyasambil liat photo dikartu, kamu tidak ikut ujian di yang lain kan? Ini beneran photo kamu?. Ok sibapaknya liat photo dan wajahku bergantian hehe, waktu itu malu sekali.
   Nah disana juga ada aa aa yang ngajakin kenalan hihi..formal lagi ngajakin kenalannya pake harus jabat tangan, aku fikir aduh bukan muhrim nih! Tapi masa ia ga sopan ga ngebalas jabat tangannya, jadi yah akhirnya kita jabatan tangan. Ngobrol juga panjang lebar sambil ngerjain ujian...ia seriusan sambil ngerjain soal yang susahnya ampun! Karena aku yang jurusan agama ini ternyata harus ikut ujian seleksi campuran yang kata si aa itu paling susah, ko bisa ngambil yang ipc sih kamu kan jurusan keagamaan? Aku syok juga sih sebenernya ini karena salah ambil jurusan pas nentuin di komputernya pas daftar, huhu. Ok aku ga terlalu jelas merhatiin aa aa yang ngajak kenalan itu soalnya malu aja masa mandangin baru juga kenal, terus kita juga kn ngobrolnya sambil ngerjain ujian kalau sambil liat-liatan atau berisik ketauan pengawas pasti udah dikeluarin. Dari pandangan sekilas aa aa itu ya cukup menarik juga hehe, kulitnya putih, hm kayanya dia mancung juga? Cukup tinggi, terus orangnya asik,kalau ga salah dia ikut SBMPTN mau ngambil ekonomi atau bisnis kaya gituh di UNPAD tapi kalau ga salah. Pastinya ujiannya susah tapi jadi ga boring serius karena ada yang nemenin haha.
   Hampir sebulanan yah kalau ga salah nungguin hasil SBMPTN. Was was ga lulus karena emang soalnya susah dan melenceng dari jurusan aku di MA. Pas denger temen-temen udah cek hasil SBMPTN dan pada ga lulus, ternyata aku juga ga lulus...rasanya ya kecewa tapi lega karena udah berusaha dan ga penasaran lagi,aku fikir sih ya mungkin yang terbaik ini ngga lulus karena ada yang lebih ngebutuhin? Akhirnya lulus MA aku di ajak ngajar TKA/TPA di dekeket rumah.
    Setelah setahun ngajar, ternyata keinginan buat kuliah ga pudar juga. Aku bilanglah ke orang tua kalau aku ingin kuliah tapi mereka ga ngedukung. Alasannya sayang biaya, perempuan itu sekolah tinggi-tinggi akhirnya ke dapur juga, jadi ibu rumah tangga. Terus ada anak bos bapak yang kuliah ternyata ditengah jalan berhenti karena mau nikah. Waktu itu sedih juga sempet mengunci diri dikamar dan berfikiran mau kabur pulang ke kampung, ke rumah nenek di pelabuhan ratu. Tapi berfikir dua kali, setelah puas nangis akhirnya aku putusin kuliah dan berusaha sendiri, biaya sendiri dari hasil ngajar. Walau setelah kuliah tidak dipungkiri kalau orang tua itu sebenarnya peduli dan mau bantu seperti ngasih uang  jajan,ongkos, uang buku dll.
   Nah ko bisa hasil ngajar TKA buat biaya kuliah? Kan kecil ya! Itu dia makanya aku berusaha cari kuliahan yang biayanya pas dikantong. Waktu itu pusing juga nyari kuliahan yang biaya terjangkau, dan bisa kelas karyawan soalnya kan aku sambil ngajar. Sempet search di google ketemu kelas karyawan waktu udah pas, tapi biayanya huhu ga akan kebayar. Sempet putus asa karena belum menemukan juga tempat kuliahan yang pas, iseng lah search di FACEBOOK? Dan tada liat lah profil FanFage STKIP SILIWANGI. Makin penasaran search web STKIP SILIWANGI dan setelah itu fix aku fikir aku akan kuliah disini, walaupun jauh...ia dari cibaduyut ke cimahi.
   Daftar keasana ga berani sendiri waktu itu, ngajaklah temen naik angkot dan sempet kesasar juga sedikit tapi akhirnya sampai juga di kampus STKIP SILIWANGI. Disana bayar pendaftaran Rp.300.000 dan liat di brosur deg degan juga takut biayanya udah berubah, tapi ternyata tetep masih sama, insaAllah terjangkau. Apalagi aku baca profil STKIP SILIWANGI itu bukan kampus yang ecek ecek dan kalau menurutku yang sekarang sudah semester tiga di STKIP SILIWANGI, Inilah kampus yang bagus dengan harga terjangkau, sudah terakreditasi pula seperti universitas yang mahal-mahal menjanjikan pendidikan yang aku rasakan di STKIP SILIWANGI ga kalah karena pada dasarnya ilmu itu kan sama saja mau di Universitas mahal ataupun murah kalau dosen yang ngajarnya itu itu juga? Ilmu bisa dicari dan kita dapatkan dimanapun!
So bersyukur sudah kenal dengan STKIP SILIWANGI
Bersyukur sudah bisa kuliah dengan uang sendiri
Bersyukur karena diberi kesempatan mencari lmu lagi
Bersyukur bisa berkenalan dengan teman-teman baru
Bersyukur bisa termotivasi oleh dosen-dosen yang berkompeten
Bersyukur atas semuanya...
Semoga dilancarkan semuanya...aamiin^^
Sampai menjemput wisuda.