Proses kuliah jenjang s1 itu selama 4 tahun. Alhamdulillah tak terasa 4 tahun ini sudah terlewati.
Masih inget dulu mulai dari daftar sendiri minta anter temen, nginap di mes dan paling pusing proses belajarnya hehe...anak kuliahan pasti ga asing banget sama yang namanya presentasi,bikin makalah,uts dan uas.
Aku sendiri ngaambil jurusan b.inggris..lah ko bisa? Sedangkan aku sendiri lulusan Madrasah Aliah jurusan ke agamaan dan lulus MA langsung ngajar di TKA dan TPA yang basicnya islamic education. Soal aku ngambil jurusan b.inggris itu karena sejak awal kan nyari2 kampus kelas karyawan yang ga mahal, dan waktu kuliahnya sesuai. Aku cek cek di google dan tanya sana sini, terakhir searching di facebook ketemulah sama fanpage nya STKIP Siliwangi (sekarang sudah jadi IKIP Siliwangi). Nah di sini jurusan keguruan semua seperti B. Inggris, B.indonesia, Matematika, PGPAUD, dan PLS. Awalnya ingin jurusan keagamaan tapi di stkip ini ga ada, setelah daftar ke b.inggris barulah tau ada jurusan PAI di STAI samping kampus STKIP Siliwanginya. Sempet berfikir juga ngambil b.inggris kayanya bakalan susah apalagi nanti muati bikin skripsi,presentasi dll...semuanya sudah berlalu alhamdulillah susah senangnya sudah ta rasain. Walaupun kadang aku malu sendiri dengan gelar s1 tapi skills b.inggrisku masih ecek ecek. Mungkin karena ketika kuliah juga waktunya kurang maksimal sebulan cuman 4x kadang 6x. Practicenya juga jarang sekali, sedikit paling ketika presentasi, sedangkan untuk sehari-hari ga dipake karena di indonesia sendiri b.inggris hanya sebagai bahasa asing. Tapi ya disyukuri karena dengan kuliah harga pas bisa dapat ilmu kependidikan yang bermanfaat.
Proses kelulusannya itu ada beberapa tahap:
1. Harus sudah lunas administrasi
2. Buat proposal skripsi
3. SK Pembimbing turun
4. Bimbingan skripsi min 10x
5. Acc bab 1-5 pembimbing 1 dan 2
6. Daftar sidang skripsi:
- skripsi rangkap dua photocopyan yang sudah acc pembimbing
- membuat poster skripsi kita
- menerbitkan journal artikel about english education
- vas photo hitam putih 12 biji memakai jas almamater, harus yang bagus pake dof
- photo copy sertifikat bimbingan awal masuk kuliah (lupa namanya), semnas, bimtek, kknm,ppl dll.
Mungkin beda kampus beda persyaratannya.
Setelah melengkapi persyaratan sidang komplit,bisa sidang tergantung daftar kita akan masuk sidang gelombang brp.
Proses sidang bisanya dilakukan full day. Dulu aku sendiri dari jam 7-5an sore.
Mulai dari sidang dari pihak fakultas berbarengan, dilanjut sidang oleh dospem 1 dan dosen lain.
Setelah sidang kita akan diberitahukan proses yudisium, pengumuman kelulusan. Dan terakhir akan di umumkan untuk prosesi wisuda.
Seperti itulah kira-kira. Tahapannya panjang dan melelahkan, tapi ta nikmati yang penting selesai.